Minggu, 14 April 2013

Adab Membaca Qur'an

  1. Sebaiknya berwudu.Ibnu katsir rahimahullah di dalam tafsirnya menyatakan, “Barang siapa membaca Al-Qur’an dalam keadaan suci (berwudu), maka mendapat sepuluh pahala dari Allah SWT, dan apabila membaca Al-Qur’an dalam keadaan tidak suci (tidak berwudu), maka akan mendapat satu pahala dari Allah SWT.”
  2. Sebaiknya membersihkan mulut. sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW. , “Sesungguhnya mulut-mulut kalian merupakan jalan untuk membaca Al-Qur’an, maka bersihkanlah mulut kalian itu dengan siwak (sikat gigi). “
  3. berpakaian yang bersih
  4. Duduk di tempat yang layak lagi bersih dan menghadap kiblat dengan tenang dan hormat
  5. Niat membacaAl-Qur’an semata-mata hanya karena Allah Ta’ala dengan mengharap akan mendapat keridaan dan hidayah dari Allah SWT.
  6. Di mulai dengan membaca, A’udzu billahi minasysyaithanir rajim. “ Dan,  “Bismillahirrahmanirrahim.kecuali surah Bara’ah (at-Taubah) tanpa membaca basmalah.
  7. Pada akhir (penutup ) bacaan, membaca “shadaqallahul ‘azhim wa ballagha rasuluhul karim wa nahnu ‘ala dzalika minasy syahidin. “ Atau cukup dengan membaca shadaqallahul ‘azhim
  8. Dusunnahkan sujud sesuai dengan cara sujud dalam shalat pada tiap-tiap akhir ayat sajadah. Setiap sujud akan dianggap sah apabila dalam membaca kalimat pada setiap ayat Al-Qur’an dibacanya dengan sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar